Minggu, 11 September 2011

Lokasi Multazam Tempat Doa yang Paling Makbul di Ka'bah Masjidil Haram

Lokasi Multazam Tempat Doa yang Paling Makbul di Ka'bah Masjidil Haram Makkah.


Multazam secara bahasa artinya adalah “tempat yang sangat diperlukan”. Multazam adalah area antara pintu Ka’bah dan Hajar Aswad.
Multazam sering disebut sebagai maqam ijabah, tempat dikabulkannya doa.
Memang bila memungkinkan berdoa di sini sambil menempelkan pipi, dada, lengan dan kedua telapak tangan.
Sebagaimana dikisahkan bahwa Abdullah Ibn Amru setelah thawaf  lalu shalat dan mencium hajar Aswad. Kemudian ia berdiri di antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah menempelkan dada, kedua tangan dan pipinya sambil berkata ,“Seperti ini aku melihat Rasulullah SAW melakukannya”  (Sunan Ibnu Majah dalam Al Manasik dengan sanad hasan).
Kini berdoa di Multazam dengan cara seperti itu bukanlah hal yang mudah. Jumlah jamaah yang sangat besar dengan tingkat kepadatan yang tinggi, menyebabkan kesulitan dan kemudharatan yang tinggi pula. Karenanya cukuplah jamaah berdoa pada arah Multazam saja. Berdoa dapat sambil duduk maupun berdiri. Dengan menunduk, memandang, atau mengangkat tangan.
 Lagi pula perlu kita ketahui, bahwa makbul doa itu bukan semata-mata ditentukan oleh faktor tempat,  melainkan lebih kepada keadaan hati masing-masing.
Ketenangan, keyakinan, kebutuhan yang sangat, serta kerendahan hati sangat mempengaruhi kontak batin dan kabulnya doa. Memang yang terbaik adalah tempatnya mustajab, hatinya juga khusyuk.
Namun jika tidak, kita pun yakin bahwa Allah itu Maha Melihat dan Maha Mendengar. Melihat dan mendengar doa. Di sudut mana pun kita berada. Oleh HM Rizal Fadillah (Pembimbing Haji dan Umroh) (Republika)

Berikut adalah Contoh Perlengkapan Kesehatan untuk Jama'ah Haji / Umroh :
- Kursi Roda Portable (Klik Sini)
- Alat Bantu Berjalan Walker (Klik Sini)
- Alat Tensi Darah Elektronik (Klik Sini)
- Alat Cek Gula Darah, Kolesterol dan Lemak Trigliserida (Klik Sini)
- Alat Uap untuk Penyakit Asma (Klik Sini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar